Beberapa kali Admin mendapatkan pertanyaan melalui email, whatsapp maupun sms yg meminta opini atas kondisi skoliosis yg sedang dialami oleh Penanya. Mohon dengan sangat dipahami bahwa Admin bukanlah seorang dokter, dan oki Admin tidak berkompeten untuk memberikan jawaban. Misalnya mengenai berapa derajad kelengkungan skoliosis berdasarkan foto rontgent yg dikirim ke Admin. Bapak/ ibu harus berkonsultasi ke dokter tulang belakang untuk jawaban atas pertanyaan tersebut. Admin hanya ingin berbagi pengalaman tentang operasi Skoliosis, bukan untuk memberikan opini atau pendapat medis. Terima kasih, semoga bermanfaat dan TETAP SEMANGAT!

Sunday, July 29, 2012

Pengobatan Skoliosis - 2

Seperti yang sudah dibahas di posting yang sama (Pengobatan Skoliosis - 1), untuk kemiringan di atas 50 derajad sepertinya sudah sulit dikoreksi tanpa melalui pembedahan. Tetapi untuk yang kurang dari 40 derajad, tak ada salahnya dicoba terapi atau latihan / olahraga yang diharapkan bisa menghambat kelengkungan tulang. Antara lain dengan : berlatih Yoga untuk Skoliosis, berenang, gerakan back up dan terapi Chiropractic. Untuk latihan yoga di kota Jogja, kalian bisa mendatangi balance Yoga di Demangan.

Faktanya, setelah setahun menjalani semua itu (latihan Yoga, berenang, back up dan chiropractic yang baru beberapa kali di Jakarta) ternyata "tidak membantu" mengurangi kelengkungan skoliosis yang aku derita.

Frustrasi? Tidak! Justru aku berpikir sebaliknya, jika setahun ini aku tidak berlatih Yoga, seandainya setahun ini aku tidak privat berenang ataupun rajin back up, mungkin derajad kelengkungan skoliosis aku bisa semakin parah. Karena dokter pernah bilang, ada yang bertambah satu derajad untuk satu bulannya. Alhamdulillah ya Allah.

0 comments:

Post a Comment