Beberapa kali Admin mendapatkan pertanyaan melalui email, whatsapp maupun sms yg meminta opini atas kondisi skoliosis yg sedang dialami oleh Penanya. Mohon dengan sangat dipahami bahwa Admin bukanlah seorang dokter, dan oki Admin tidak berkompeten untuk memberikan jawaban. Misalnya mengenai berapa derajad kelengkungan skoliosis berdasarkan foto rontgent yg dikirim ke Admin. Bapak/ ibu harus berkonsultasi ke dokter tulang belakang untuk jawaban atas pertanyaan tersebut. Admin hanya ingin berbagi pengalaman tentang operasi Skoliosis, bukan untuk memberikan opini atau pendapat medis. Terima kasih, semoga bermanfaat dan TETAP SEMANGAT!

Saturday, August 11, 2012

FAQ from MSI on Scoliosis

Re: Pertanyaan dari Facebook MSI
nilviahakim wrote:1. Rita Hardianti Krisna
Sudah di pasang pen selama 10 tahun tapi ternyata rongent terakhir kondisi tulang bagian atas bengkok juga. Dokter menyarankan untuk di pasang pen lagi di bagian atas...waduh syerem nyalinya tidak seperti dulu banyak yang harus dipertimbangkan. Akhirnya jadi males untuk konsultasi lagi. Mungkin MSI punya saran? terutama latihan-latihan yang bisa dilakukan di rumah. Thanks ya...
===>Tentu sebaiknya cari tau dulu masalah nya apa. Sebaiknya Anda diskusikan dengan dokter Anda kenapa, apa dan bagaimananya, apakah kondisi ini berhubugnan dengan operasi skoliosis, dan mengapa perlu pasang pen lagi.
Sulit memang memberikan saran untuk kasus yang sesungguhnya belum jelas.
demikian mudah2an bisa membantu Anda.
rahyussalim
2. Venny Alleva Rachmani
Pijat alternatif ternyata enak juga, setidaknya bisa mengurangi rasa sakit dan pegal di punggung. Oh ya, kalau punggung sebelah kanan agak menonjol, apakah skoliosisnya udah parah?
===>tonjolan (rib hump) berkaitan dengan perubahan struktur dan posisi iga bagian belakang akibat rotasi yang besar pada kasus skoliosis. Tonjolan ini tidak menjadi parameter dalam menilai keparahan skoliosis.
rahyussalim
3. Desy Angelina
Kalau mau operasi cabut pen, ada efek samping atau kemungkinan buruk terjadi gak? karena ada klep yang di bawah putus dan yang atas ada yang lepas (karena penambahan tinggi), dan menurut dokter, di cabut pen juga tidak apa-apa karena tulangnya sudah tidak bengkok seperti dulu.
===>Risiko yang akibat operasi timbul akibat berbagai faktor antara lain prosedur anestesi, prosedur pembedahan, dan kondisi umum penderita. Pencabutan pen dari sisi proses pembedahan memiliki risiko yang sangat kecil (untuk mengatakan tidak ada). Saya kira Anda tidak perlu terlalu khawatir. Prosedur ini biasanya sangat aman dilakukan.
rahyussalim
4. Putri
Apakah "skolioser" akan menurunkan "skoliosis" yang diderita kepada keturunan yang akan dilahirkanya nanti?
===>Tidak selalu. Artinya bahwa potensi seorang anak yang lahir dari ibu atau dan bapak skoliosis memiliki potensi terjadinya skoliosis lebih besar dibanding ibu atau dan bapaknya tidak menderita skoliosis.
rahyussalim

0 comments:

Post a Comment