Beberapa kali Admin mendapatkan pertanyaan melalui email, whatsapp maupun sms yg meminta opini atas kondisi skoliosis yg sedang dialami oleh Penanya. Mohon dengan sangat dipahami bahwa Admin bukanlah seorang dokter, dan oki Admin tidak berkompeten untuk memberikan jawaban. Misalnya mengenai berapa derajad kelengkungan skoliosis berdasarkan foto rontgent yg dikirim ke Admin. Bapak/ ibu harus berkonsultasi ke dokter tulang belakang untuk jawaban atas pertanyaan tersebut. Admin hanya ingin berbagi pengalaman tentang operasi Skoliosis, bukan untuk memberikan opini atau pendapat medis. Terima kasih, semoga bermanfaat dan TETAP SEMANGAT!

Thursday, August 09, 2012

Indrie and the Backbone (10-hari-setelah-operasi-skoliosis)

Guys, ini ada kisah skolioser, diambil dari www.msindonesia.org. Bagi kalian yang masih penasaran dengan operasi skoliosis, boleh dibaca nih, biar ga dag dig dug :)
hi all....akhirnya setelah penantian lebih dari sepuluh taun.. alhamdulillah,, selasa 7 april lalu aku udah operasi sama dr.luthfi gatam,, dr.rahyussalim (hai dok..!) dan tim operasi dari RS.International Bintaro..
naaah.. begini ceritanya... ;p aku ketauan skoliosis dari SMP tapi waktu itu ga ngambil tindakan apapun,, pas SMA sempet ke prof. subroto,, kata prof.subroto waktu itu aja derajat yang bawah udah lebih dari 45 (skoliosis ku S tebalik) dan karna faktor umur juga (kalo ga salah aku sekitar 16taunan) aku udah ga bisa lagi pake brace,, prof nyaranin buat operasi..,, berhubung wakti itu pengetahuan tentang skoliosis masi terbatas (hiks belom ada MSI) aku dan keluarga masi ga berani dan amat sangat takut untuk tindakan operasi,, jadinya aku kembali pasrah dan nerima bentuk badan yang ajaib ini.. alhamdulillah banget ga ada kendala atau sakit apapun.. (paling rok suka miring miring dan celana jadi tinggi sebelah,, hehehe..)taun 2006 kemaren aku hamil,, kebetulan dokter kandungannya dr.oki oktavandhi di RS.Int Bintaro,, pas hamil 6bulan dr.oki ngerujuk aku ke dr.Luthfi gatam yang praktek di RS.Int Bintaro juga (nah inilah awal perjumpaan kita dok..,, inget ga? hehehe..) waktu itu dr.luthfi cuma suruh aku nunduk dan ngasi surat rujukan untuk sesar,, beliau juga bilang 6 bulan abis ngelahirin di suruh balik lagi untuk rontgen dan liat berapa parah skoliosis nya.......
Tapi berhubung ga ada keluhan dan ngerasa baik baik aja,, aku pun ga balik lagi...,, hihihihihi... nakal betul..,, teruuuuuuus iseng iseng aku browsing soal Skoliosis di google.. dan sampai lah pada forum ini..,, dari mulai cuma baca baca doang akhirnya jadi sering ngobrol sama skolioser laen yang udah operasi,, nah dari situ mulai deh pengetahuan tentang penyakit ini bertambah,, ternyata banyak banget yang ngalamin hal serupa (padahal selama ini asal ada di tempat rame rame aku selalu nyari orang orang yang bertubuh meliuk liuk..;p) dan udah banyak juga yang operasi dan berhasil,, pelan pelan aku mulai berani dan bertekad untuk operasi..,, suatu saat nanti entah kapan tapi pasti aku akan operasi (gitu kira kira tekadnya waktu itu..) sayangnya ngelaksanain tekad dan niat ga segampang itu,, banyak banget yang harus dipikirin dan dipertimbangin,, biaya yang besar,, anak yang masi kecil,, harus ngeyakinin mama kalo ini ga bahaya dan keluarga yang masi belom sepenuhnya mendukung......
akhirnya sept 2008 aku ke dr.luthfi lagi,, setelah rontgen ketauan kalo derajat atas 45 dan bawah 53,, dan satu satunya cara: operasi. oya kata dr.luthfi si tulang ku ini selaen bengkok juga melintir dan ini bahaya untuk syaraf. di ruang tunggu dokter aku ketemu sama mbak (seravika) dewi dan keluarga,, pas banget mbak dewi ini baru operasi bulan lalu,, jadi aku ngobrol banyak dan tambah semangat dan napsu buat operasi..;pdari situ aku mulai pelan pelan prepare keperluan operasi,, mulai ngurus administari jaminan kesehatan di kantor,, mulai sedikit sedikit ngejelasin ke anak (umur 2.5taun),, ngeyakinin mama dan suami,, dan nyari waktu..
alhamdulillah semua urusan lancar,, tgl 5 april aku udah masuk RS.Int Bintaro,, tgl 6 rontgen2,, test darah dan masi sempet nongkrong di burger n grill bintaro..dan dapet kunjungan dari mas hendy (papa nya ayou yang baru operasi bulan maret lalu),, hehehe.. tgl 7 jam 8 pagi tempat tidur udah di dorong masuk ruang operasi..,, hiiii rasanya ga karuan,, mulai degdegan,, takut,, semangat,, pasrah nyampur semua..,, alhamdulillah 6,5jam kemudian aku siuman,, sempet transfusi 2kantong darah,, 1jam di recovery room aku udah boleh pindah ke kamar perawatan,, kata dokter semua bagus jadi ga perlu masuk ICU. (kata dokter derajat yang atas udah terkoreksi jadi 21 yang bawah jadi 14. dan itu memuaskan. alhamdulillah.....)dari situ dimulai lah.... hehehehehehehe..... aku nyebutnya derita nikmat,, karna walopun sakit tapi ternyata ga sesakit yang kupikirin,, pokoknya engga yang saaaaaaaaaakiiiiiiiiiiiiiiiiiit banget,, cuma pegel pegel dan kadang linu dikit,, tapi bener deh ga sakiiiit banget..,, masi bisa di handle lah... oya beberapa jam abis operasi aku sempet mual dan pusing tapi setelah dibawa tidur paginya udah seger,, aku juga maag nya parah jadi hari ketiga abis operasi analgesik udah di stop. nah berhubung pas aku operasi banyak banget libur nasional jadinya pas hari ke lima aku baru mulai terapi dan buka drain,, hari ke enam mulai duduk,, bangun tidur sendiri,, bediri dan jalan,, hri ke tujuh pulang deeeeeeeeeeeh,,,, yiiipiiiiey....
sekarang udah hari kesepuluh,, duduk,, bagun dan jalan udah lebih lancar,, pegel pegel masi ada tapi udah ga sakit lagi,,, cuma napsu makan masi belom balik nih..,, tinggi badan kemaren diukur kira kira nambah 4cm-an dari 156 jadi 160cm,, terus bengkok di pinggang juga udah tipis dan nyaris sama sama yang normal,, rib humps juga udah tipis banget,, overall aku seneeeeeeeeeeeeeng banget sama badanku sekarang.. hehehehe... alhamdulillah alhamdulillah alhamdulillah...,, hari kamis besok aku kontrol dan buka jaitan... hhhhhhhh... doain aku cepet sehat dan pulih yaaaaaaa.....
indrie thanks to: dr.luthfi gatam,, dr.rahyussalim.. tim dokter operasi RS.IB,, suster2,, Mbak dewi n keluarga,, mas hendy n kel,, mbak trie n dinda,, chanra brondong dodol,, mbak fira,, yang udah mau intens berbagi semangat,, cerita dan info...,, dan pastinya thanks to MSI!!!!!! cihuuuuy....

2 comments: