Beberapa kali Admin mendapatkan pertanyaan melalui email, whatsapp maupun sms yg meminta opini atas kondisi skoliosis yg sedang dialami oleh Penanya. Mohon dengan sangat dipahami bahwa Admin bukanlah seorang dokter, dan oki Admin tidak berkompeten untuk memberikan jawaban. Misalnya mengenai berapa derajad kelengkungan skoliosis berdasarkan foto rontgent yg dikirim ke Admin. Bapak/ ibu harus berkonsultasi ke dokter tulang belakang untuk jawaban atas pertanyaan tersebut. Admin hanya ingin berbagi pengalaman tentang operasi Skoliosis, bukan untuk memberikan opini atau pendapat medis. Terima kasih, semoga bermanfaat dan TETAP SEMANGAT!

Saturday, November 10, 2012

Curhat Skoliosis

Ini pertanyaan dan jawaban yg dikutip dari website msi :
Re: Curhat Skoliosis
Dini wrote:ass..
dok, saya mau tanya,,
1. Seandainya saya sudah berhasil mengurus surat jamkesmas,, bagaimana proses di RSCM nya, apakah saya langsung datang ke sana? atau bagaimana dok? karena sebelumnya saya belum pernah ke sana... :)
===>Kalau surat jamkesmasnya sudah selesai, sebaiknya ketemu saya dulu. Nanti saya coba atur di RSCM.
2. Berapa waktu yang diperlukan dari mulai operasi sampai bisa beraktivitas seperti biasa? apakah cukup 1 bulan atau lebih?
===>biasanya perawatan pasca operasi di rumah sakit kurang lebih 5 hari. Aktifitas dapat dimulai bertahap sejak 1 minggu. Aktifitas normal biasanya dimulai setelah 6 bulan.
3. Kira" resiko apa saja yang mungkin ditanggung penderita skoliosis yang mengambil tindakan operasi?
===>Kalau boleh mengatakan tidak ada ya sebenarnya tidak ada karena angka kejadian kematian, kelumpuhan sesungguhnya sangat kecil. Bahkan dibeberapa negara (yang tidak percaya Tuhan) mereka berani mengatakan angka kematian dan kelumpuhan nol. Vietnam sewaktu saya menghadiri pertemuan ilmiah pada tahun 2008 berani mengatakan risiko kematian dan kelumpuhan nol sejak tahun 2005. Di Indonesia kita tidak mengatakan itu.
Yang ingin saya katakan adalah apabila prosedur operasi dilakukan dengan persiapan dan alat yang baik maka risiko terjadinya kematian dan kelumpuhan bisa kita eliminir.
4. Apa saja kemungkinan terburuk jika skoliosis di atas 40 derajat tidak di operasi ( hanya dibiarkan )?
===>penambahan kurva, bahu miring/panggul miring, jalan jadi pincang, dan seringkali tidak nyaman di tulang belakang. Pada kasus yang sangat berat terjadi kelumpuhan bahkan kematian karena gangguan pada organ penting.
rahyussalim , terima kasih sebelumnya....
Berbagi Meringankan Derita Bangsa

0 comments:

Post a Comment