Beberapa kali Admin mendapatkan pertanyaan melalui email, whatsapp maupun sms yg meminta opini atas kondisi skoliosis yg sedang dialami oleh Penanya. Mohon dengan sangat dipahami bahwa Admin bukanlah seorang dokter, dan oki Admin tidak berkompeten untuk memberikan jawaban. Misalnya mengenai berapa derajad kelengkungan skoliosis berdasarkan foto rontgent yg dikirim ke Admin. Bapak/ ibu harus berkonsultasi ke dokter tulang belakang untuk jawaban atas pertanyaan tersebut. Admin hanya ingin berbagi pengalaman tentang operasi Skoliosis, bukan untuk memberikan opini atau pendapat medis. Terima kasih, semoga bermanfaat dan TETAP SEMANGAT!

Saturday, November 10, 2012

Macam2 Brace untuk Skoliosis

Ada beberapa email yang masuk ke Admin dan menanyakan berapa harga sebuah brace yang dipakai pasien Skoliosis? Kata dokter sih ada ber-macam2 brace. Tetapi Admin hanya mengenal dua jenis. Yang pertama tentu saja yang dipakai oleh penderita skoliosis pasca operasi (lihat di sini). Harganya mungkin bervariasi sekitar 3 juta-an. Allya juga mengenakan jenis ini, dan diperoleh saat pulang dari rumah sakit.

Beberapa bulan lalu - tepatnya bulan Juni 2012, Admin mendapatkan info adanya brace yang lebih fleksibel dan nyaman saat dipakai oleh pasien. Bentuknya nyaris seperti sabuk pengaman yang ditarik ke sana-sini. Namanya spinal core (?). Harganya (jangan pingsan ya :) ) sekitar Rp. 27 juta (dua puluh tujuh juta rupiah).

Gubrak! 

41 comments:

  1. salam, saya evi penderita skoliosis juga, umur 17 thn, saya mau nanya ada cara lain ga untuk mengobati skoliosis selain operasi dan pemakaian brace??

    ReplyDelete
  2. salam kenal mbak Evi, jika sudut kurvanya masih di bawah 45 insyaallah masih bisa dihindari operasi. Dokter merekomendasi untuk olahraga berenang dan back up setiap hari.

    ReplyDelete
  3. Salam nama saya tiar usia 24 th. Saya penderita skoliosis . Saya mau tanya apa bisadi usia 24 skoliosi bisa di sembuhkan ?

    ReplyDelete
  4. salam kenal mas weddy,
    tergantung yg dimaksud dgn kesembuhannya mas. dan tergantung jg berapa derajad kurva/ kemiringannya. jika masih di bawa 45 derajad insyaallah masih "bisa". Tapi jika sdh 45 derajad biasanya melalui tindakan operasi. Mohon dibaca dgn seksama artikel2 yg ada. Semoga membantu memperjelas. Tetap semangat dan jangan menyerah.

    ReplyDelete
  5. pembelian brace apa diharuskan dengan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter???? dan pembelian brace dimana ??? apa setiap rumah sakit ada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali. Dulu allya pernah konsul dgn dr Luthfi gatham di RS Mitra Kemayoran. Dan untuk pemasangan brace memang tidak sembarangan pasang. Semoga info ini membantu.

      Delete
  6. maaf saya adinda...lupa dikasih nama..hehee
    pmbelian brace apa diharuskan dengan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter???? dan pembelian brace dimana ??? apa setiap rumah sakit ada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali Mbak Adinda. Dulu allya pernah konsul dgn dr Luthfi gatham di RS Mitra Kemayoran. Dan untuk pemasangan brace memang tidak sembarangan pasang.
      Coba hubungi beliau di RS tersebut.
      Semoga info ini membantu.

      Delete
  7. hai,saya Fita
    adik saya penderita skoliosis kemungkinan kurva diatas 40 derajat,barce yg bagaimanakah yang harus digunakan mengingat melakukan operasi kami tidak tega dan berapa harga brace tsb ?
    Tks er.fita@yahoo.com

    ReplyDelete
  8. hi Fita, salam kenal.
    imho, untuk derajad mendekati 40 sepertinya sulit untuk bisa normal kembali. Sedangkan yg sudah operasi saja tidak bisa 100%. Untuk brace yg Admin tahu berkisar 3 s/d 5 juta atau bahkan ada yg harganya hampir 30 juta. Waktu itu anak kami sempat mau beli tetapi keburu kami putuskan untuk operasi saja. Rasa2nya istilah "tidak tega" agak kurang tepat untuk upaya kesembuhan :) Semoga cepat sembuh ya mbak Fita. Salam

    ReplyDelete
  9. hai kak namaku Fita. usiaku 20 tahun, dan hasil rontgen menunjukkan tulang belakangku mengalami skoliosis. bisakah kakak memberi saran dokter orthopedi di jakarta? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba hubung dr Luthfi Gatham, beliau ahli dalam hal ini. Beliau praktek di RS Mitra Kemayoran waktu itu (2011). Semoga membantu

      Delete
  10. Selamat malam, saya max.. ada tidak brace dijual di medan?saya sudah 2 kali pergi ke dokter dan hanya disuruh berenang. Saya bahkan tidak tahu skoliosia ada derajatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi pak Max,
      untuk kota besar seperti Medan seharusnya ada ya (imho). atau sebaiknya bapak ke Jakarta saja untuk memastikan. Benar skoliosis memang ada derajadnya. dan justru hal itu untuk memastikan harus dioperasi atau cukup terapi. Maaf telat responnya.

      Delete
  11. seharusnya untuk kota besar seperti Medan juga ada. Coba cek ke Jakarta mas Max. Iya kita harus tahu berapa derajad kemiringan untuk mengetahui apakah cukup dengan terapi ataukah harus dioperasi. Utk yg lebih dari 45 drjd biasanya harus dioperasi. semoga minfo ini membantu. Tetap semangat!!!

    ReplyDelete
  12. Met malam de.. anakku juga skoliosis 30 derajat. Bagaimana caranya kalau saya mau membeli braise untuk anak saya? Harganya kira2 brapa yah? Tq.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Bu Cheche,
      harga brace seperti saya sebut di atas bisa 3 juta atau lebih. Tapi akan lebih baik jika dikonsultasikan ddulu dengan dokter. Jangan sampai malah membebani si anak ya :) Di Jakarta coba ke dr Luthfi Gatham,

      Delete
  13. Selamat malam, salam kenal.
    Saya berumur 18 tahun, saya penderita skoliosis.
    Untuk mengetahui derajat dan parahnya skoliosis bagaimana caranya?
    Dan kalo periksa berapa kisaran biaya

    ReplyDelete
  14. salam kenal mbak Hani,
    tentu akan jauh lebih baik jika konsul ke dokter ahlinya.
    untuk biaya periksa tidak mahal kok, tergantung RS masing2. Segera periksa ya :)
    maaf terlambat balas. Di mana lokasi?

    ReplyDelete
  15. Iya nggakpapa kak, terimakasih atas sarannya.
    saya lokasi dijogja kira2 ada saran saya bisa periksa dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ke RS Panti Rapih. Ada dokter Tedjo di sana. Beliau dokter bedah tulang belakang juga.

      Delete
  16. Hai, aku juga penderita skoliosis. dulu sering periksa ke RS Siaga raya di jakarta, nah dulu sempat pakai brace hampir 1 tahun, tapi karena baca beberapa article aku jadi psimis karena brace ternyata ga nyembuhin dan gamau pake brace lagi karena sakit sesak dan blablabla pokonya ga nyaman bgt. sekarang udah hampir 4 tahun ga dipake bracenya terus kadang rasanya punggungku sakit, mungkin karena nambah derajatnya. kalau misalnya aku pakai brace yg sama kaya dulu apa gpp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf sepertinya tidak membantu kalau hanya pakai brace. mbak Anyta sebaiknya periksa lagi utk tahu berapa derajad kondisi sekarang. semangat ya mbak!!!

      Delete
  17. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  18. Halo nama saya Yanni, boleh minta emailnya untuk sharing tentang skoliosis? Adik saya 12 tahun skoliosis Mohon pengalaman dan sarannya sangat saya butuhkan. Tolong sekali untuk email saya di yanniphang@yahoo.com Saya tunggu. Terimakasih banyak.

    ReplyDelete
  19. hi mbak Yanni, salam kenal.
    untuk sharing skoliosis dan operasi innaz mbak bisa baca di postingan dengan label ini http://www.allyainnaz.net/search/label/Operasi%20Skoliosis . jika masih kurag jelas mbak bisa email ke rmunadji5@yahoo.com atau sms/whatsapp ke 08156885555 (blog admin)

    ReplyDelete
  20. Selamat sore, salam kenal.
    Saya berumur 18 tahun, saya penderita skoliosis.
    Untuk mengetahui derajat dan parahnya skoliosis bagaimana caranya?
    Dan kalo periksa berapa kisaran biaya lokasinya di malang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mas Hadhi salam kenal. Bisa langsung kunjungi RS di mana Prof Respati saat ini praktik (di Malang). Setahu saya untuk konsultasi tidak mahal, apalagi untuk di Malang. Mungkin kurang dari 100.000. Segera cek ya, semoga membantu.

      Delete
    2. pls check post ini : http://www.allyainnaz.net/2015/02/kontrol-ke-prof-respati-di-malang.html

      Saat ini Prof. Respati masih aktif menerima pasien di Malang. Tepatnya di RSI Aisyiyah, berlokasi di jalan Sulawesi No. 16, Malang. Praktik setiap hari Rabu dan Sabtu jam 8 pagi. Maaf jadi seperti iklan ya?

      Delete
  21. Halo admin numpang share info yah, semoga bermanfaat..
    http://bit.ly/1TfRsjX
    atau www.kliniktulangbelakang.com

    ReplyDelete
  22. Salam.. Maaf, ada yang tau dokter wanita yang bisa menangani skoliosis kah? Kalau bisa daerah semarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf kurang update untuk di Semarang. Setahu saya yg di Smg kebanyakan berobat / konsul ke Solo (ada beberapa pasien yg pernah ngobrol dgn saya, baik Smg maupun Pati/ Kudus)

      Delete
  23. Sy jg penderita scoliosis. sama sperti mba anyta, sy menolak pake brace krn sesak panas & sangat tdk nyaman. tp dokter ttp meminta sy utk ttp memakai korset utk menopang tulang belakang sy. Akhir nya sy bertemu dgn Diamant dr Easecox. Produk sejenis korset yg lengkap meng cover badan sy mulai dr punggung hingga paha. Sangat nyaman & fleksibel seperti memakai underwear biasa. pemakaian sehari hanya min 8 jam. Dlm 1 bln kemiringan tulang belakang sy nyaris lurus. Dan 3 bln pemakaian tulang leher sy yg td nya sdh maju kembali lg ke posisi semula sehingga postur tubuh sy kembali tegak tdk membungkuk lg alhamdulillah. Bahkan dokter sy sj kagum krn memakai brace dgn rutin pun tdk menjamin scoliosis bisa terkoreksi dgn baik seperti ini. Bagi tmn2 yg butuh info lengkap ttg Diamant bisa kontak sy di no 081388049658 (ada WA). Sy dgn senang hati berbagi info kpd tmn2 semua. Trm ksh

    ReplyDelete
  24. Hallo..izin share ya...semoga bisa saling membantu..

    ReplyDelete
  25. Hallo...izin share ya...semoga bisa saling membantu.
    https://m.facebook.com/yogaclubbjm/?ref=bookmarks
    Kontak WA 08125108889

    ReplyDelete