Beberapa kali Admin mendapatkan pertanyaan melalui email, whatsapp maupun sms yg meminta opini atas kondisi skoliosis yg sedang dialami oleh Penanya. Mohon dengan sangat dipahami bahwa Admin bukanlah seorang dokter, dan oki Admin tidak berkompeten untuk memberikan jawaban. Misalnya mengenai berapa derajad kelengkungan skoliosis berdasarkan foto rontgent yg dikirim ke Admin. Bapak/ ibu harus berkonsultasi ke dokter tulang belakang untuk jawaban atas pertanyaan tersebut. Admin hanya ingin berbagi pengalaman tentang operasi Skoliosis, bukan untuk memberikan opini atau pendapat medis. Terima kasih, semoga bermanfaat dan TETAP SEMANGAT!

Saturday, November 10, 2012

Pasca Operasi Skoliosis



Di atas adalah copas dari : http://tami-journal.blogspot.com/2012/11/skoliosis-tentang-dan-cerita.html. Memang tak banyak tulisan atau berita mengenai bagaimana kondisi anak2/pasien setelah melakukan operasi skoliosis. Kebanyakan dokter kurang (tidak terlalu) terbuka menjelaskan hal tersebut. Misalnya ketika pasien skoliosis menanyakan pertanyaan2 : apakah bisa beraktifitas normal setelah menjalani operasi? apakah harus mengenakan brace? berapa lama harus mengenakan brace? apakah ada efek samping yang dirasakan oleh pasien? apakah pasien masih boleh berolah raga dan masih banyak lagi pertanyaan2 yang mungkin terdengar lucu dan konyol bahkan mungkin 'ngeselin' bagi sang dokter. Tetapi tentu saja tidak bagi sang pasien.

Sekedar share saja, siapa tahu bermanfaat bagi para pasien penderita skoliosis yang akan menjalani operasi skoliosis. Bukan untuk me-nakut2-i, tetapi sebaliknya agar kalian lebih siap mental menghadapi level selanjutnya. Berikut fakta yang terjadi setelah anda menjalani operasi (paling tidak, inilah yang dirasakan oleh anak kami dan beberapa pasien lainnya yg juga menjalani operasi yg sama) :

Harus mengenakan Brace pasca operasi :
Benar sekali, dua-tiga hari setelah menjalani operasi, pasien diwajibkan mengenakan brace untuk membantu menahan tulang belakang yg sudah dikoreksi agar tetap terjaga dalam posisi yang sudah diperbaiki

Kapan harus melepas Brace?
Setiap akan mandi. Dengan kata lain, brace harus dipakai selama 23 jam setiap hari. Panas? ya jelas panas. Tetapi pilih mana, kepanasan atau tulang bengkok lagi?

Sampai kapan mengenakan Brace?
Bisa 3 bulan, 1 tahun atau bahkan ber- tahun2 sampai pertumbuhan tulang berhenti yg biasanya terjadi setelah usia mencapai 17-18. Untuk info ini, sangat tergantung dari dokter. Admin tidak tahu persis kapan harus lepas brace. Pernah ngobrol dengan salah satu alumni skoliosis RSO Soeharso (pasien skoliosis) yang akan minta dicopot brace-nya, dia bilang sudah ga tahan :)

Bisa beraktifitas normal kembali?
TIDAK, Jika definisi "normal" adalah bisa lompat2an ke sana-sini macam Lady Gaga. Ini penting, agar kalian siap mental sebelum menjalani operasi. Beberapa hal/ kegiatan tentu saja tidak boleh dilakukan oleh peasien skoliosis setelah operasi. Hal tsb akan sangat membahayakan. Anak kami harus absen dari kegiatan olah raga di sekolah, paling tidak selama setahun. Tentu dengan surat keterangan dokter dari RS. Dia juga harus diantar ke sekolah sampai masuk kelas untuk beberapa waktu. Bukan karena manja atau menginginkan perlakuan khusus. Tetapi lebih karena harus ekstra hati2 agar tidak 'tertabrak' atau 'jatuh' terpeleset dsb. Maklum anak2 sekarang suka pecicilan kalau jalan (maaf ya guys:). Tak ada lagi kegiatan berenang, back up ataupun yoga. Semuanya libur. Entah sampai kapan :) Tetapi tetap harus diyukuri!

Bisa Sholat?
Ini pertanyaan yang lucu, tetapi sangat masuk akal untuk ditanyakan. Pasca operasi Skoliosis, tentu saja pasien tidak bisa (baca: tidak diperbolehkan) untuk memiringkan / memutar badan ke kanan atau kiri, apalagi sampai membungkuk. Lalu bagaimana dengan aktifitas sembahyang bagi yang muslim(ah)? Ya tidak masalah, kan bisa sambil duduk di kursi. Allah memberikan kemudahan bagi siapa saja. Dalam waktu +/- satu bulan ternyata Allya sudah bisa membungkukkan badannya. Artinya dia sudah bisa melakukan gerakan rukuh. Tetapi untuk amannya, tetap melakukan sholat sambil duduk di kursi. Kejadian lucu (kalau boleh dibilang lucu), kami bersembahyang Ied bersama sambil menenteng kursi untuk duduk Allya. Baik saat lebaran idul fitri maupun lebaran haji. Allahu akbar, maha besar Allah.

Kapan kontrol ke RS setelah operasi?
Kondisi pasien pasca operasi ternyata sangat berbeda antara satu pasien dengan yang lainnya. Ada yang 2-3 hari sudah langsung bisa jalan kaki ngebut. Ada yang lima hari masih merengek-rengek minta dibangunin mamanya dari kasur sambil ngesot. Dll, dsb. Hal ini sangat tergantung dari kejiwaan dan niat sembuh dari sang pasien. Alhamdulillah Allya, dalam 2-3 hari udah bisa bangun dari tempat tidur dan langsung nyoba jalan-jalan, walaupun pada awalnya rada mual2.  Rupanya hal ini pula yang (mungkin) menjadi dasar pertimbangan bagi sang dokter untuk menentukan kapan si pasien harus datang kontrol lagi.  Ada yang harus kembali lagi seblulan setelah kontrol pertama. Ada juga yang disuruh kembali 3 bulan lagi. Sementara Allya harus kembali kontrol setelah 6 bulan ke depan.  Mungkin kesimpulan saya kurang nyambung ya?

(lanjut, sedang dipikirkan ) 

45 comments:

  1. Saya juga penderita skoliosis, sudah operasi sejak kelas 1 SMA, dan sekarang sudah kuliah semester 4. Dulu awalnya memang tidak mudah, tapi mama selalu ada buat saya, papa dan semuanya selalu memberi kekuatan buat saya. Sekarang saya hidup normal, meski tidak bisa melakukan olah raga yg terlalu extreme seperti rafting. Tp yg bikin penasaran itu, apakah akan ada efek kalau suatu saat nanti saya hamil.itu yg menjadi kekhawatiran selanjutnya. Terimakasih ya share nya

    ReplyDelete
  2. Hi Melia,
    terima kasih sudah mampir ke blog ini. Semoga selalu diberikan kekuatan utk menghadapi ujian ini. Allya, plus minus juga sama pasca operasi masih banyak keterbatasan dalam aktifitas. Tetapi sekarang sudah boleh berenang lagi (tapi tentu dgn gerakan terbatas). Soal kehamilan, kami juga belum tahu seperti apa. Mudah2an selalu ada jalan yg baik, amin.

    ReplyDelete
  3. Hi admin :) sekarang Allya apa kabar?
    Kalau boleh tau dulu sebelum operasi berapa derajat ya skoliosisnya? Dan setelah operasi jadi berapa derajat. Terimakasih

    ReplyDelete
  4. min , saya juga penderita skoliosis sekarang umur saya 19 tahun , apa msih bisa mnjalankan operasi?

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. Saya Penderita Skoliosis Saat Umur 17 Tahun dengan kebengkokan kurang dr 50 derajat , saat itu dokter memberi 2 pilihan operasi atau menggunakan brace. dan akhirnya saya memilih brace. Saat itu 2005 umur sy 17 tahun. Dan penggunaan brace 3 bulan, 23 Jam perharinya, selama 4 bulang tulang saya sudah tidak bengkok sampai saat ini,tp saya kontrol 1 th sekali untuk pembaharuan brace tuk jaga2 agar tidak timbul lagi.sebab saat itu saat meluruskan kaki sgt nyeri,duduk,tidur pun sakit makanya saya ga mau hal itu terulang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mbak Lia, bisa sembuh tanpa operasi. Sangat bersyukur. Biasanya kalau sudah mencapai 45- ke atas sulit tanpa operasi. Boleh tau brp lama memakai Brace-nya? Memang mengenakan Brace sangat menyiksa. Jadi seperti robocop ya jalannya :) tapi itu semua demi kesembuhan. Terima kasih sekali sudah berkenan sharing pengalamannya. Wassalam

      Delete
    2. Amelia Khairunisa,apa khabar skrang mba,tinggal di mana mana.Dn waktu itu berobat dn Konsul di mana ? Beli di mana baju Brace nya ? Mohon info dn pencerahan nya.Sya Yuni mami Dimas yg Dimas hrs operasi jga ,sya takut dn sedih pasca operasinya.

      Delete
    3. iya kaya robocop.. sesak banget awalnya pemakaian 3 sd 4bulan pak,dilepas saat mandi saja... setelah itu pemakaian setiap mau tidur ampe bangun d pagi hari. perlu diketahui, skoliosis tdk d krtahui penyebabnya dan tdk 100 persen sembuh...

      Delete
  8. Assalammualaikum wr wb,....Adm mohon maaf salam kenal.Sya Yuni mami nya Dimas yg akan melakukan operasi,dimas sdh 45 derajad dn Hrs.Sya takut dn sedih melihat dn mendengar kisah2 ini.Sya baca mba Amelia Khairunisa tdk operasi hanya memakai baju Brace 3 bln,mba Amelia tinggal di mana mba,dn berobat di mana.Ally skrang sdh membaik dn normal walau 80% ya pk ibu ? Mohon arahan dn info nya jga bantuan nya terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  9. Assalammualaikum wr wb,....Adm mohon maaf salam kenal.Sya Yuni mami nya Dimas yg akan melakukan operasi,dimas sdh 45 derajad dn Hrs.Sya takut dn sedih melihat dn mendengar kisah2 ini.Sya baca mba Amelia Khairunisa tdk operasi hanya memakai baju Brace 3 bln,mba Amelia tinggal di mana mba,dn berobat di mana.Ally skrang sdh membaik dn normal walau 80% ya pk ibu ? Mohon arahan dn info nya jga bantuan nya terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  10. Assalammualaikum wr wb,....Adm mohon maaf salam kenal.Sya Yuni mami nya Dimas yg akan melakukan operasi,dimas sdh 45 derajad dn Hrs.Sya takut dn sedih melihat dn mendengar kisah2 ini.Sya baca mba Amelia Khairunisa tdk operasi hanya memakai baju Brace 3 bln,mba Amelia tinggal di mana mba,dn berobat di mana.Ally skrang sdh membaik dn normal walau 80% ya pk ibu ? Mohon arahan dn info nya jga bantuan nya terima kasih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alaikumsalam dan salam kenal bu Yuni,
      Saya memahami perasaan dan kekuatiran ibu/ bapak sbg orang tua yg anaknya akan menjalani operasi skoliosis. Tetapi percayalah, dan serahkan semua ke team dokter yg saat ini sudah didukung dgn teknologi yg semakin baik, dan tentu saja jangan berhhenti memanjatkan doa kepada gusti Allah.
      Kalau Allya Innaz saat ini kondisiny Alhamdulillah baik. Tetapi seperti yg saya pernah tulis di blog bahwa operasi skoliosis ini tidak 100% menjamin kesembuhan dan yg penting organ di dalam tidak terganggu karena lengkungan tulang dsb.

      Semoga membantu,
      Wasssalam,
      Saya sudah reply by email juga ya?

      Delete
  11. :( usia sy skrg 30 dan sy baru sadar bahwa sy menderita skoliosis 2 tahun yg lalu,tahun 2015 kk sy meninggal karena marfan sindrom dan ternyata skoliosis sy jg dr genetik.Tahun lalu sy melakukan ronten dan di keterangannya kebengkokan tulang belakang sy sudah 50 derajat. Pengen sembuh,karena belakangan mulai kerasa sakit di beberapa bagian tubuh. Kira2 diusia sy skrg masih bisa ga ya sembuh? Oiya Haii Allya smga sehat terus yaa & yg penting semoga trus bermanfaat bagi bnyk orang. Oiya sy jg punya 2 anak, sepasang smga mereka dijauhkan dr apa yg sy derita. Aamiin. TQ admin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal bu Herlinna,
      maaf saya ortu Allya Innaz yg menjawab email2 ke Admin.
      Saya ikut prihatin dengan kondisi ibu, tetapi saya yakin ibu diberi kekuatan menghadapi semua itu.
      Seperti kata para dokter, skoliosis tidak bisa sembuh total meskipun melalui operasi. Artinya akan ada keterbatasan2 yg harus kita alami pasca operasi. Dan jika tidak operasi mungkin akan lebih buruk lagi kemungkinannya. Kelengkungan 50 derajad memang tidak bisa dihindari selain dgn jalan operasi.
      Semoga info ini bermanfaat. Maturnuwun untuk doanya, semoga putra/i ibu sekeluarga selalu diberi kesehatan yg baik,

      ibu bisa membaca semua artikel yg ada di blog tsb karena sudah kami critakan dari A sampai Z yg kami ketahui :)
      Wassalam

      Delete
  12. saya pake brace saat itu umur 17th , saya tinggal di karawang saat ini umur saya sudah 28th...saya berobat ke rs Husada lalu dpt surat pengantar untuk dirujuk k rs gatot subroto..tapi betul walaupun sudah kembali tetap saja ada efeknya.. untuk jalan ga bisa terlalu jauh dan ga bisa angkat beban berat

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih untuk sharing infonya mbak Amalia, semoga tetap sehat dan nyaman dengan kondisi yg ada, aamiin

      Delete
    2. Maaf ka amelia boleh kasih info tentang scoliosis nya ka. Saya juga dirujuk ke gatot subroto mau tau aja pengalaman kaka gmna. Whatsapp aku ka nih nomer aku 089666118003 atau PIN D4852D19

      Delete
    3. Maaf ka amelia boleh kasih info tentang scoliosis nya ka. Saya juga dirujuk ke gatot subroto mau tau aja pengalaman kaka gmna. Whatsapp aku ka nih nomer aku 089666118003 atau PIN D4852D19

      Delete
    4. Maaf ka amelia boleh kasih info tentang scoliosis nya ka. Saya juga dirujuk ke gatot subroto mau tau aja pengalaman kaka gmna. Whatsapp aku ka nih nomer aku 089666118003 atau PIN D4852D19

      Delete
  13. Assalamu'alaykum... selamat malam, aku Dian. Aku mau tanya, apakah untuk usia 21 thn ke atas jika di operasi pasca operasinya harus memakai brace ? Terimakasih mohon jawabannya.. 😊

    ReplyDelete
  14. Assalamu'alaykum... selamat malam, aku Dian. Aku mau tanya, apakah untuk usia 21 thn ke atas jika di operasi pasca operasinya harus memakai brace ? Terimakasih mohon jawabannya.. 😊

    ReplyDelete
  15. Assalamu'alaykum... selamat malam, aku Dian. Aku mau tanya, apakah untuk usia 21 thn ke atas jika di operasi pasca operasinya harus memakai brace ? Terimakasih mohon jawabannya.. 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya penggunaan brace pasca operasi skoliosis akan sangat tergantung pada jumlah implant yg dipasang. Jika hanya satu buah, maka besar kemungkinan tetap menggunakan brace. Tetapi jika dipasang dua buah kata dokter tidak perlu lagi pakai brace. Mohon utk konsultasi ke dokter

      Delete
  16. Ibu saya umur 53 th dan ternyata hasil ronsen tulang bengkok dan harus d operasi apakah ada efek samping pasca operasi untuk usia 53 tersebut, dan dapatkah kembali sembuh sedia kala?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba Yesty,
      dunia kedokteran saat ini begitu canggihnya. Menurut saya pertanyaan yg paling penting adalah apakah ibu mba Yesty harus dioperasi? Berapa derajadkah kemiringan skoliosisnya sehingga harus dilakukan tindakan operasi? Sepanjang yg saya tahun pasien pasca operasi skoliosis tidak bisa beraktifitas 100% sama dengan kondisi sebelumnya. Ada beberapa batasan. Apakah ibunya sudah mengeluhkan banyak hal terkait skoliosis yg dideritanya mba? (kondisi jantung dan pernapasan dsb)

      Delete
    2. pagi mbak admin dan teman2 semua...bolehkan sya minta nomer WA nya admin..sya mau nanya2 tentang scholisis pasca operasi??? atau ada group wa nya boleh sya dimasukin nomer sya 0812-6177-5905 mks

      Delete
    3. maaf terlambat reply, wa saya 08156885555

      Delete
  17. Aku mau nanya kira kira pennya itu boleh di lepas gak,atau udah permanen?

    ReplyDelete
  18. Kira kira pennya udah boleh di lepas atau udab permanen?

    ReplyDelete
  19. Kira kira pennya boleh di bukak gak?atau udab permanen?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya permanen mas, ngeri juga kalo harus operasi lagi :(

      Delete
  20. Salam,saya penderita skoliosis 32° tapi kata dokter langsung suruh operasi di rs fatmawati πŸ˜– gimana ya saranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf baru bisa respon, sepanjang yg kami pahami tindakan operasi perlu dilakukan jika kemiringan sudah melebihi 45 derajad. Tetapi jika dokter menyarankan demikian mungkin kondisinya harus dioperasi ya mas? Coba terus lakukan olahraga berenang dan back up sesering mungkin. semoga membantu

      Delete
  21. Salam kenal dokter...sy echy usia 42 th. Sy baru pasca operasi skoleosis. Yang mau saya tanyakan sampai berapa lama rasa sakit pasca operasi yang ada di sekitar jahitan. Rasa sakit yg dirasakan pegal sangat, linu, nyeri.apa saya bisa beraktivitas normal lagi. Terima kasih dokter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. hi mba Echy, salak kenal.
      Ikut senang mendengar berita sudah operasi. Mohon maaf saya luruskan dulu bhw saya (kami ) bukan dokter, tetapi orang tua pasien skoliosis yg ingin berbagi pengalaman saja (seperti yg tertulis pd disclaimer blog ini).

      Seingat saya memang sampai 1-3 atau 4 minggu bahkan setiap pasien pasca operasi memang merasakan sensasi pegal2 terutama di sekitar perut. Tetapi insyaAllah nantinya akan ber-angsur2 hilang. Dan ini tergantung kondisi masing2 pasien. Ada yg seminggu sudah hilang. tapi ada yg 2-3 minggu masih mengeluhkan hal yg sama. Hal yg sama untuk bekasi jahitan saya pikir normal itu mbak. Tetap semangat dan penuh rasa syukur :)

      Delete
    3. hi mba Echy, salak kenal.
      Ikut senang mendengar berita sudah operasi. Mohon maaf saya luruskan dulu bhw saya (kami ) bukan dokter, tetapi orang tua pasien skoliosis yg ingin berbagi pengalaman saja (seperti yg tertulis pd disclaimer blog ini).

      Seingat saya memang sampai 1-3 atau 4 minggu bahkan setiap pasien pasca operasi memang merasakan sensasi pegal2 terutama di sekitar perut. Tetapi insyaAllah nantinya akan ber-angsur2 hilang. Dan ini tergantung kondisi masing2 pasien. Ada yg seminggu sudah hilang. tapi ada yg 2-3 minggu masih mengeluhkan hal yg sama. Hal yg sama untuk bekasi jahitan saya pikir normal itu mbak. Tetap semangat dan penuh rasa syukur :)

      Delete