Beberapa kali Admin mendapatkan pertanyaan melalui email, whatsapp maupun sms yg meminta opini atas kondisi skoliosis yg sedang dialami oleh Penanya. Mohon dengan sangat dipahami bahwa Admin bukanlah seorang dokter, dan oki Admin tidak berkompeten untuk memberikan jawaban. Misalnya mengenai berapa derajad kelengkungan skoliosis berdasarkan foto rontgent yg dikirim ke Admin. Bapak/ ibu harus berkonsultasi ke dokter tulang belakang untuk jawaban atas pertanyaan tersebut. Admin hanya ingin berbagi pengalaman tentang operasi Skoliosis, bukan untuk memberikan opini atau pendapat medis. Terima kasih, semoga bermanfaat dan TETAP SEMANGAT!

Thursday, December 13, 2012

Aktivitas yang harus dihindari oleh skolioser

Berikut adalah beberapa kegiatan yang harus dihindari oleh para skolioser. Di-copas dari sini


Ekstensi Torso
Melakukan gerakan ekstensi (gerakan ke belakang/kayang) pada punggung anda secara berulang harus dihindari karena akan menyebabkan vertebrae thorakal (ruas tulang belakang bagian punggung) berputar lebih jauh dan menambah kemiringan pada skoliosis anda. Hindari gerakan membungkuk ke belakang (posisi kayang), gymnastic, beberapa posisi yoga, dan gerakan tari yang membuat badan anda seperti posisi kayang).

Tidur dengan lampu menyala
Studi membuktikan pada pasien skoliosis kadar melatonin menurun. Melatonin dihasilkan saat anda tidur namun hal kecil seperti lampu menyala dapat mengurangi atau menghentikan produksi dari melatonin dan menyebabkan defisiensi. Defisiensi Melatonin mengakibatkan perkembangan pubertas dini dan meningkatkan progresitivitas dari skoliosis. Hindari tidur dengan lampu menyala, TV menyala, penggunaan lampu tidur.

Lari jarak jauh
Menghindari lari atau jogging jarak jauh menurunkan resiko berkembangnya skoliosis. Hal ini dikarenakan tekanan berlebihan pada tulang belakang anda akan menyebabkan apeks dari skoliosis (bagian tengah dari kurva yang memiliki kemiringan paling besar) berputar dan bergeser lebih jauh sehingga akan menambah kemiringan skoliosis anda.

Hindari angkat berat
Efeknya sama seperti yang terjadi pada lari jarak jauh.

0 comments:

Post a Comment