Beberapa kali Admin mendapatkan pertanyaan melalui email, whatsapp maupun sms yg meminta opini atas kondisi skoliosis yg sedang dialami oleh Penanya. Mohon dengan sangat dipahami bahwa Admin bukanlah seorang dokter, dan oki Admin tidak berkompeten untuk memberikan jawaban. Misalnya mengenai berapa derajad kelengkungan skoliosis berdasarkan foto rontgent yg dikirim ke Admin. Bapak/ ibu harus berkonsultasi ke dokter tulang belakang untuk jawaban atas pertanyaan tersebut. Admin hanya ingin berbagi pengalaman tentang operasi Skoliosis, bukan untuk memberikan opini atau pendapat medis. Terima kasih, semoga bermanfaat dan TETAP SEMANGAT!

Thursday, December 20, 2012

Curhat Skoliosis - Biaya

Posting berikut ini mungkin membantu para skolioser untuk mengetahui berapa biaya yg diperlukan untuk menjalani operasi skoliosis. Dicopas dari situs msindonesia.org : http://www.msindonesia.org/content/curhat-skoliosis?page=3

Re: Curhat Skoliosis
Lina wrote:thank's ya Mba trie atas saran N infonya :)
Maaf sebelumnya Mba,,kl boleh tau operasi anak mba kmrn menghabiskan biaya brp ya.....??? :roll:
apakah itu jg melihat jenis scoliosisnya jg ya.... InsyaAllah tgl 9 November bisa ikut ke senayan sekaligus pengen konsultasi jg :|
Thank's tux smuanya :D
hi Lina..,
siapapun penderita skoliosis yang memilih untuk menjalani treatment atau 'pengobatan' baik medis maupun non medis memang selalu terbentur masalah biaya pengobatan yang harus diakui sampai saat ini masih 'relatif' besar/mahal.
itulah salah satu yg membuat kami, penggiat MSI, merasa 'terpanggil' untuk memberikan informasi yg benar & tepat spy jgn sampai ada penderita skoliosis yg 'dimanfaatkan' oleh segelintir orang2 yg tidak bertanggung jawab, yg 'merasa' bisa menyembuhkan skoliosis, dengan tujuan mendapatkan materi, jgn sampai ada penderita skoliosis yg 'membangun' mimpi kosong dgn mengorbankan waktu, tenaga& uang untuk meraih 'kesembuhan' semu... (duh, jd melow.. :oops: )
skoliosis bukan penyakit (karenanya tidak ada obat atau vitamin yg bisa menyembuhkan dgn cara diminum dsbnya), tapi suatu 'deformitas' atau kelainan bentuk pada tulang belakang, yg sampai saat ini satu2nya cara untuk 'memperbaikinya' adalah dengan melakukan 'koreksi' langsung di daerah tulang belakang dengan metode non operatif (menyangga dari luar tubuh, misalnya dgn brace, melakukan treatment dgn manuver2 gerakan, misalnya traksi, streching dsbnya) dan metode operatif (memasang penyangga langsung ke tulang belakang), atau kombinasi keduanya. metode mana yg paling cocok untuk kita? tergantung detil dari skoliosis kita (karena varian skoliosis sendiri memang banyak sekali), karenanya apapun metode yg akan kita pilih harus selalu kita konsultasikan dgn dokter orthopaedi tulang belakang, jgn sampai kita salah memilih sehingga berakibat fatal pada kondisi tulang belakang kita & isi kantong kita... :mrgreen:
Suami, aku & ke-3 anakku adalah peserta Askes swasta (askes komersial) sehingga untuk biaya RS (perawatan, operasi & obat2an) dinda kemarin dicover Askes, aku hanya membayar implant, obat2an di luar Askes dan TLSO brace, yg jumlahnya sekitar 45 jt. saat ini aku sedang mencoba meminta list dari PT. Askes untuk mengetahui berapa sebenarnya total biaya yg dicover Askes untuk operasi anakku kemarin (sebagai gambaran sekitar 30-40 jt), jadi total general operasi skoliosis di RS Fatmawati kira2 75-80 jt, :o
mahal banget ya? emang, tapi nilai itu bisa jadi lebih murah atau lebih mahal tergantung pada varian skoliosis yg akan berhubungan thd jenis implant yg dipakai, obat2an yg digunakan, masa tinggal di RS dsbnya.
btw Lin, jgn sampai belum apa2 udah keburu 'mutung' mndengar biaya operasi yg mahal banget itu, belum tentu untuk kasusmu harus operasi kan?
nah ini juga salah satu mimpi MSI, bahwa suatu saat MSI bisa solid, mendapat perhatian dari pemegang keputusan di negeri ini, dapat bekerja sama dgn fondation, yayasan, charity dsbnya, sehingga bila ada member yg ternyata harus dioperasi tetapi terbentur masalah biaya, bisa kita bantu atau kita 'jembatani' untuk mendapat bantuan dari pihak ke-3 tersebut...
biarlah saat ini mungkin kita baru bisa ber'mimpi', tp dgn niat baik, usaha & kerjasama kita semua insyaAllah mimpi kita bisa terwujud, kan NIDJI juga bilang begini :
MIMPI adalah KUNCI untuk KITA MENAKLUKAN DUNIA
BERLARILAH TANPA LELAH sampai engkau MERAIHNYA...
aku yakin mimpi MSI adalah mimpi kita bersama, jadi tunggu apa lagi? yuks kita sama2 mewujudkannya. :mrgreen:
kalau bukan kita yang peduli, siapa lagi?
buat Lina & semua, tetep semangat & salam sayang selalu,
- trie -

1 comment:

  1. Observation, Orthosis, Operation disepakati menjadi tag-line perawatan scoliosis. Observasi ketika derajat nya kurang dari 20. Orthosis/ Bracing untuk 20-40 derajat, dan Operasi ketika derajat scoliosis lebih dari 40 derajat. Tentu saja dalam treatment ini terdapat beberapa kelemahan dan keuntungannya. Misalnya untuk brace, kekurangannya tidak nyaman dipakai dan untuk operasi mempunyai resiko kelumpuhan dan kematian.

    ReplyDelete