Beberapa kali Admin mendapatkan pertanyaan melalui email, whatsapp maupun sms yg meminta opini atas kondisi skoliosis yg sedang dialami oleh Penanya. Mohon dengan sangat dipahami bahwa Admin bukanlah seorang dokter, dan oki Admin tidak berkompeten untuk memberikan jawaban. Misalnya mengenai berapa derajad kelengkungan skoliosis berdasarkan foto rontgent yg dikirim ke Admin. Bapak/ ibu harus berkonsultasi ke dokter tulang belakang untuk jawaban atas pertanyaan tersebut. Admin hanya ingin berbagi pengalaman tentang operasi Skoliosis, bukan untuk memberikan opini atau pendapat medis. Terima kasih, semoga bermanfaat dan TETAP SEMANGAT!

Monday, December 10, 2012

Macam2 Brace

Beriku adalah jenis brace yang dipakai para penderita skoliosis. Copas dari http://www.iscoliosis.com/articles-brace_types.html  :

Boston Brace
(Thoraco-Lumbo-Sacral-Orthosis "TLSO")

The Boston Brace memanjang dari bawah payudara ke awal daerah panggul di depan dan dari bawah tulang belikat ke tulang ekor di belakang. Jenis penjepit bekerja dengan menerapkan tiga-titik tekanan ke kurva untuk mencegah perkembangannya. Ini memaksa daerah lumbal untuk fleksibel, yang mendorong di perut dan rata kurva lumbal posterior. Ditempatkan secara strategis tekanan bantalan tempat pada kurva, dan "void bantuan" yang terletak di seberang daerah tekanan.

Dikembangkan pada awal tahun 1970 oleh Dr John Hall dan Mr William Miller dari Rumah Sakit Anak Boston, Boston Brace yang biasanya diresepkan untuk kurva di lumbal (punggung) atau thoraco-lumbar (mid-to-low back) bagian tulang belakang.



Charleston Bending Brace
Pilihan lain adalah Brace Charleston bending. Brace ini dikembangkan pada tahun 1979 oleh Dr Frederick Reed dan Ralph Hooper, Charleston Bending Brace dikenakan hanya pada malam hari, itulah sebabnya itu juga dikenal sebagai penahan "paruh waktu".  
Charleston Bending Brace dibentuk agar sesuai dengan tubuh pasien di saat dia membungkuk ke arah konveksitas-atau luar tonjolan-kurva, konsep di balik desain ini adalah "over-koreksi" kurva selama delapan jam penjepit dikenakan.

Brace Charleston biasanya dianjurkan untuk kurva tulang belakang dari 20-35 derajat, dengan puncak kurva di bawah tingkat tulang belikat.

Milwaukee Brace
(Cervico-Thoraco-Lumbo-Sacral-Orthosis)

The Brace Milwaukee umumnya digunakan untuk tinggi toraks (punggung tengah) kurva. Ini memanjang dari leher ke panggul dan terdiri dari korset khusus berkontur panggul plastik dan cincin leher dihubungkan dengan jeruji besi di bagian depan dan belakang brace. Batang logam membantu memperpanjang panjang batang tubuh dan cincin leher membuat kepala berpusat di panggul. Tekanan bantalan, ditempatkan secara strategis sesuai dengan pola kurva pasien, yang melekat pada batang logam dengan tali.

0 comments:

Post a Comment