Sunday, January 13, 2013

Persiapan Menjalani Operasi Skoliosis - FAQ

Kami post tulisan ini untuk menjawab bermacam pertanyaan yang masuk ke Admin blog - baik yang dikirim melalui email, sms, bbm, dan akun facebook - seputar persiapan pasien sebelum dan sesudah menjalani operasi Skoliosis. Semacam FAQ gitulah. Dan posting ini juga untuk melengkapi FAQ sebelumnya tentang kondisi pasca operasi :

Berapa biaya untuk operasi Skoliosis?
Sangat beragam. Di Jakarta (data tahun 2011), menurut beberapa dokter yang pernah kami kunjungi : ada yang Rp. 80 juta atau Rp. 150 juta. Dan bisa saja lebih mahal. Sementara di Jogja berkisar Rp. 80 juta, dan di tempat lainnya ada yg di bawah angka tersebut.

Untuk di RSO Solo, update biaya operasi di tahun 2014 adalah Rp. 80 juta-an (edited 27.01.16)

Kok mahal banget ya?
Benar memang 'relatif' mahal. Kami juga ter-kaget2 tidak percaya saat pertama kali mendengar berapa uang yg dibutuhkan untuk tindakan operasi skoliosis. Tetapi yg lebih penting lagi adalah : apakah kita siap (mental dan fisik) jika anak kita di-operasi. Jujur saja pada awalnya ini terdengar sangat mengerikan bagi kami sbg orang tua pasien 'penderita' skoliosis.

Kenapa tiap dokter / RS menetapkan 'tarif' yang ber-beda2
Kemungkinan  besar (maaf Admin tidak bisa memberikan jawaban yg pasti) tergantung dari jumlah implant yang dipasang di tulang belakan pasien. Ada dokter yang memerlukan dua batang "pen" dengan belasan sekrup untuk dipasang, sementara dokter lainnya hanya 'membutuhkan' satu saja dengan jumlah sekrup lebih sedikit. Sekali lagi, jawaban ini hanya kemungkinan menurut kami. Harap dimaklumi karena Admin bukan dokter. Dan blog ini hanya untuk memberikan gambaran saja dari sudut pandang Pasien (untuk berbagi pengalaman).

Berapa lama waktu yg dibutuhkan untuk operasi Skoliosis?
Dokter di Jakarta ada yg bilang tiga-empat jam. Di Jogja,  dokternya bilang butuh waktu sampai 6 jam. Dan Allya di Solo masuk ruang operasi mulai jam 8.30,  dan keluar jam 12. Tentu juga tergantung dari kesiapan team dokter yang akan melakukan tindakan operasi.

Persiapan apa saja menjelang detik2 Operasi?
Tidak ada. Pasien ber-aktifitas seperti biasa sebelum masuk ke ruang operasi. Persiapan mental tentu saja yg paling dibutuhkan. Berdoa. Berdoa. dan berdoa memohon kepada Tuhan agar semuanya berjalan dengan lancar. Amin

Berapa hari harus menginap di rumah Sakit?
Tergantung kondisi mental dan fisik masing2 pasien. Biasanya dibutuhkan 1 minggu untuk recovery pasca operasi. Allya menginap di RS selama 12 hari. Sementara teman2 lainnya sesama pasien skoliosis ada yang 7 hari dan 10 hari.

Apakah pasca operasi bisa langsung berdiri?
Tentu saja tidak bisa (memangnya sulap?). Dokter bilang dua hari pasca operasi pasien masih boleh tidur2an dulu. Ini karena masih ada selang dsb yg masih terpasang di punggung. Di hari ke tiga pasien sudah di-'paksa' untuk duduk dan berjalan. Tetapi jangan heran jika jalannya nampak seperti Robocop atau Iron-Man. Harap maklum, masih kaget dengan sensasi-nya.

Apakah perbedaan sebelum dan sesudah operasi?
Yang pasti tampak berbeda adalah, pasien akan lebih tinggi beberapa centimeter. Ini mungkin sensasi paling mengejutkan dan diharapkan oleh setiap mereka yang dioperas i: bertambah tinggi.  Secara "matematika" memang masuk akal, dari tulang ber-kelok2 jika diluruskan tentu akan menjadi lebih panjang. Alhamdulillah Allya bertambah 5 (lima) centimeter pasca operasi. Lumayan :)

Berapa lama waktu yg dibutuhkan untuk kembali normal?
Jika yg dimaksudkan normal adalah bisa beraktifitas seperti sebelum operasi, maka jawabannya mungkin mengecewakan. Karena pasca operasi, banyak batasan yang harus diikuti oleh pasien, misalnya : tidak bisa ikut olahraga di sekolah dsb, harus mengenakan brace, tidak bisa membungkuk (untuk sementara), tidak bisa duduk di lantai - termasuk pipis dan bab tidak bisa dalam posisi jongkok, dsb. Ingat kata pak Dokter Luthfi : "Once Scoliosis, forever scoliosis".  Tetapi jika normal dalam pengertian sembuh dari pasca operasi, biasanya setelah sebulan-dua bulan pasien sudah merasa normal. Tentu tergantung kondisi si pasien, Dari beberapa sharing dengan teman2 yg dioperasi, ada yg bilang setelah dua bulan masih suka pegal di perut, di kaki dsb.

Kapan mulai mengenakan Brace?
Biasanya setelah pasien akan pulang. Untuk Allya diukur pada hari ke 10. Lihat post di sini. Selama di RS, pihak RS akan meminjamkan Brace sementara untuk dipakai pasien.

Edited 27-02-15 : Untuk operasi dengan jumlah implant dua buah sepertinya tidak memerlukan Brace setelah operasi.

Apa itu Brace?
Brace adalah semacam "baju" yang cukup keras dan kaku yg harus dipakai oleh pasien skoliosis pasca operasi untuk membantu menahan badan pasien agar tetap tegak setelah koreksi tulang. Ini adalah definisi menurut Admin. Bentuk brace bermacam-macam. Untuk yg dipakai Allya bisa lihat di sini. Brace harus dipakai selama 23 jam setiap hari. Hanya dibuka saat mandi saja.

Berapa lama harus mengenakan Brace?
Tidak pasti. Bisa 6 bulan pasca operasi. Satu tahun. Atau ber-tahun2 sampai masa pertumbuhan tulang berhenti yg biasanya pada usia 17-18 tahun.

Bagaimana rasanya mengenakan Brace?
Pertama kali pasti sangat tidak nyaman. Antara panas, gatal dan sesek. Tapi lama2..... mau gimana lagi? Enak kok. Daripada badan bengkok lebih baik pakai brace.

Berapa harga Brace?
Sudah termasuk biaya operasi. Di RSO Solo sekitar Rp. 3 jutaan. Ada juga brace dengan teknologi yang dipakainya mirip "selendang" dengan harga berkisar Rp. 27 juta.

Kapan harus kontrol ke dokter pasca operasi?
Pada umumnya setelah satu bulan setelah pulang dari RS

Apakah "pen" (implant) yang dipasang kelihatan?
Admin sempat ngeri membayangkan jika pen nantinya terlihat 'nyembul' di tulang punggung. Tetapi Alhamdulillah ternyata tidak begitu. Hanya tampak bekas operasi saja yg memanjang.

Apakah pen nantinya dilepas?
Kurang jelas juga. Dan belum pernah dengar langsung ada yg dilepas. Mungkin tidak seperti yg dipasang untuk tulang yg patah. Lagian, siapa yg mau dioperasi untuk ke dua kali? Jadi, sepertinya tidak perlu dilepas.

Apakah ada resiko gagal operasi?
Namanya juga manusia. dan semuanya tergantung gusti Allah. Seorang dokter di Jogja pernah menjawab pertanyaan itu dengan jujur - Pernah. Dari jumlah seribu sekian pasien skoliosis yang ditangani di RS tempat beliau praktik, ada 3 yang gagal (mudah2an Admin tidak salah mengutip). Lumpuh, katanya. Seram ya?, makanya pada takut dioperasi. Tetapi hidup itu kan pilihan, mau sembuh (mendekati normal) atau tetap menderita. Orang bijak pernah berkata : "Life is such a dilemma". Semua pasti ada resikonya. Kita tinggal berusaha dan selalu berdoa memohon kepada Tuhan.
(bersambung)

Saat konsultasi pertama kali Dokter Anda mungkin bertanya beberapa pertanyaan berikut ini
• Kapan pertama kali Anda melihat masalah ?
• Apakah yang menyebabkan sakit ?
• Apakah anak Anda mengalami kesulitan bernapas ?
• Apakah ada anggota keluarga yang dirawat karena scoliosis ?
• Apakah anak Anda berkembang dengan pesat selama enam bulan terakhir ?
(edited 13-01-16)

49 comments:

  1. Terima Kasih untuk Info nya :) saya jadi tambah semangat mau jalani operasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat ya mbak, insyaAllah semuanya menjadi lebih baik. amin

      Delete
  2. setahuku ada kemungkinan bisa lumpuh seperti temannya istri ku...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jaman dulu mungkin iya, tetapi dgn kemajuan teknologi dan dokter yg tepat disertai doa orang tua, insyaAllah semuanya baik2 saja. Amin

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  3. Boleh tanya waktu operasi di rso solo brp? Apakah bisa menggunakan bpjs? Email saya ya :) saya rencananya ingin operasi scoliosis juga.

    ReplyDelete
  4. mau tanya ttg operasi di RSO solo. saya rencana operasi scoliosis menggunakan BPJS.apakah biaya dicover semuanya?? dan brp waktu untuk sembuh normal??mohon informasinya..
    ini email saya denhas91@gmail.com

    ReplyDelete
  5. maaf utk BPJS admin kurang paham tetapi waktu itu ada yg bilang samapi 16 juta saja bayarnya. Untuk sembuh sampai "normal" setiap pasien memerlukan waktu yg berbeda2. Mohon baca artikel di atas. Semoga membantu

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. Trus biaya a gmana n d.cover brapa? Emailku spyprogam@gmail.com

      Delete
    2. setahu saya waktu itu ada teman yg juga operasi di sana dan dicover kok? untuk biaya 40 juta(waktu itu) dia hanya bayar sekitar 16 juta.
      semoga membantu.

      Delete
  7. Halo mau nanya dokter rekomendasi buat operasi skoliosis di daerah jakarta / surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf terlambat reply. Untuk wilayah jakarta, dr Luthfi Gatham. beliau praktik antara lai di Mitra Kemayoran. Semoga membantu.

      Delete
  8. Mas admin, mau tanya kalau utk konsultasi orthopedi wilayah jogja di RS mana ya?
    Nuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ke RS Panti Raph. Ada dokter Tedjo di sana. Beliau dokter bedah tulang belakang juga.

      Delete
  9. Mas admin, mau tanya kalau utk konsultasi orthopedi wilayah jogja di RS mana ya?
    Nuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ke RS Panti Raph. Ada dokter Tedjo di sana. Beliau dokter bedah tulang belakang juga. Maaf terlambat reply

      Delete
  10. klo skoliosis umur 15 tahun gimana mas admin .
    apa perlu terapi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. terapi sepertinya wajib dilakukan, agar tdk semakin besar derajad miringnya. Bisa sering berenang atau back up setiap hari. Brp derajad miringnya mas Eko?

      Delete
  11. mas mau Tanya di Jakarta Rs yg covered scoliosis pake BPJS setau mas dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mohon maaf, saya kurang tahu mbak Silvany.
      yg saya tahu di Solo saja.

      Delete
  12. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  13. Mas, boleh minta emailnya? Atau ini email saya adekurniasih008@gmail.com
    Suwun.

    ReplyDelete
  14. Pakai BPJS bisa nggk sih buat operasi skoliosis

    ReplyDelete
  15. Pak mau bertanya, bagaimana prosedur untuk operasi di RS Solo? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Rista, tinggal hubungi RSO, dan biasanya akan dikomunikasikan dgn kepala suster (thn 2011 dgn ibu Ina). kemudian akan diatur kapan tgl opeerasinyya sesuai schedule yg masih available. Setahu saya di RSO tersebut banyak pasien dari berbagai kota di indonesia. termasuk ketersediaan kamar dsb. TENTU SAJA setelah dilakukan konsultasi mengenai kondisi si pasien. Semoga membantu

      Delete
  16. Assalamuallaikum.Wr.Wb....
    Mas....mau tanya kira-kira klo oprari skoliosis biaya nya brapa, trus apa bisa biaya nya di cover sama BPJS, berapa lama waktu sebelum dan sesudah Oprasi.... Terima kasih

    Wassalamuallaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  17. Alaikumsalam,
    apakah ini mas Teguh yg emailnya pakai 22@gmail.com? Saya sudah balas ya mas.
    Dua tahun lalu saya dengar di RSO biayanya +/- Rp 80 jutaan. Apakah bisa dicover BPJS saya kurang paham (tetapi harusnya bisa ya). Silakan kontak ke RSO, pasti dgn senang hati mereka akan info.

    Pertanyaan ke dua saya kurang paham, apakah waktu yg dibutuhkan utk operasi? Biasanya 2-3 jam yg sayya tahu. Bisa saja lebih tergantung kondisi.

    ReplyDelete
  18. Assalamualaikum rmunadji5@yahoo.com yg baik hati,

    perkenalkan saya Rizal ayah dari anak yg memiliki scoliosis dengan 60 derajad
    mohon informasinya apakah ada RS di kaltim yg melakukan operasi scoliosis dan apakah ada yg penderita scoliosis yg telah melakukan operasi scoliosis di kal tim?
    mohon pencerahannya ya Mas... terimakasih banyak untuk semua share pada blog ini yg sangat membantu saya dan keluarga untuk berjuang dan berdamai dengan scoliosis ...thanks
    email saya : icalmx76@gmail.com , basroni_r@banpuindo.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal pak Rizal,
      mohon maaf untuk di kaltim saya kurang tahu tentang RS-nya. Tapi tentu saja info itu bisa pak Rizal peroleh dari dokter yg kompeten di sana. Yg kami ketahui dan bisa share hanya RS di mana anak kami pernah menjalani operasi tersebut, yakni RSO di Solo. Yang pasti adalah, saya lihat dan berkenalan langsung dgn para pasien skoliosis dari berbagai daerah (baik jawa dan luar jawa) yg memilih operasi di tempat tersebut. Saya kurang tahu kenapa.
      Konsultasi ke dokter terlebih dulu adalah langkah yg harus dilakukan pertama kali, karena opini yg diperoleh akan menentukan tindakan berikutnya.
      Semoga ini bermanfaat bagi bapak dan saya ikut mendoakan agar putri pak Rizal segera membaik, aamiin. wassalam

      Delete
    2. Terimakasih banyak untuk semua informasi yg Bapak berikan
      saya akan melakukan konsultasi dengan dokter yg ada di samarinda untuk menentukan langkah saya selanjutnya.... Mohon doanya ya pak, semoga semua berjalan lancar "Amin"

      Delete
    3. insyaAllah diberikan kemudahan pak, semoga semuanya lancar ya, aamiin.

      Delete
  19. Assalammualaikum, pa saya mau priksa skoliosis karna badan saya tdk simetris dan mamah saya jg sama begitu. Itu turunan atau gimana ya? Tolong email ke saya ya pa zaaalff@gmail.com
    Thankyou pa!😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek http://www.ramsayspinecenter.com/dokter/dr-luthfi/

      Delete
    2. saya perempuan dan skoliosis,tadi terasa urat urat belakang nyeri sekali,apa bisa disembuhkan? terakhir di rontgen sdh 35 derajat gktau kalau skrg,tapi takut oprasi

      Delete
    3. insyaAllah akan membaik mbak,
      coba deh lakukan berenang dan back up SESERING mungkin. Yakinlah masih bisa sembuh dan tdk perlu operasi (masih 35 derajad).
      Bisa coba yoga juga. Semoga membantu.
      Wassalam,

      Delete
  20. Kalau usia sudah 23 tahun apakah masih bisa menjalani opersi?/ berapa persentase kesembuhan setalah operasi diusia spt itu??/terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal mas Tri,
      setahu saya tidak ada masalah dgn usia untuk menjalani operasi. Saya pernah membaca ada seorang ibu yg setelah melahirkan terus menjalani operasi skoliosis. dan tdk ada masalah. Untuk kesembuhan tentu saja kita memohon kepada Tuhan YME atas perkenan-Nya. Tetapi secara medis saat ini Alhamdulillah sangat baik. Semoga jawaban ini membantu.

      Delete
  21. Selamat malam pak
    Saya mau nanya, apakah skoliosis dapat menganggu saat perempuan itu hamil nantinya? Terima Kasih pak

    ReplyDelete
  22. Saya mau nanya pak, apa skoliosis bisa mengganggu saat perempuan itu hamil nantinya? Terima Kasih pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejauh yg pahami dari berbagai artikel tentang skoliosis dan kehamilan sepertinya aman2 saja mbak. ibu dengan skoliosis ruang rahimnya juga aman, dan tidak terjadi pengurangan volume ataupun perubahan bentuk. Tetap bisa hamil dengan sehat, tetapi efek skoliosis yang derajadnya lbh besar jauh lebih berat dibanding ibu yang derajat skoliosisnya kecil.

      Mohon maaf jawaban mungkin kurang memuaskan karena kami bukan dokter :)
      smoga membantu dan segera berkonsultasi ke dokternya mbak.

      Delete