Beberapa kali Admin mendapatkan pertanyaan melalui email, whatsapp maupun sms yg meminta opini atas kondisi skoliosis yg sedang dialami oleh Penanya. Mohon dengan sangat dipahami bahwa Admin bukanlah seorang dokter, dan oki Admin tidak berkompeten untuk memberikan jawaban. Misalnya mengenai berapa derajad kelengkungan skoliosis berdasarkan foto rontgent yg dikirim ke Admin. Bapak/ ibu harus berkonsultasi ke dokter tulang belakang untuk jawaban atas pertanyaan tersebut. Admin hanya ingin berbagi pengalaman tentang operasi Skoliosis, bukan untuk memberikan opini atau pendapat medis. Terima kasih, semoga bermanfaat dan TETAP SEMANGAT!

Saturday, February 16, 2013

Ciri dan Gejala Skoliosis

Tak hanya faktor fisik saja yang terganggu, namun fungsi organ-organ dalam tubuh yang sangat penting juga menjadi terganggu. Contohnya, skoliosis bisa menghambat pergerakan rusuk dan volume paru-paru (pulmonary hypertention), sehingga penderita sering kesulitan bernafas (sesak nafas).

Penderita skoliosis juga lebih mudah terkena osteoartitis akibat pergerakan sendi yang terhambat pada satu sisi. Selain itu, skoliosis juga menyebabkan kelelahan tulang dan sendi, sehingga penderitanya sering merasakan nyeri, sakit kepala, kaku otot, atau pegal punggung. Penderita juga akan mudah lelah.

Skoliosis yang parah dengan derajat kebengkokan lebih dari 90 derajat berpotensi menyebabkan terjepitnya syaraf yang ada disepanjang ruas tulang belakang yang dapat mengakibatkan kelumpuhan.
Sumber : http://www.kisahsuperbunior.com/skoliosis/

1 comment: