Beberapa kali Admin mendapatkan pertanyaan melalui email, whatsapp maupun sms yg meminta opini atas kondisi skoliosis yg sedang dialami oleh Penanya. Mohon dengan sangat dipahami bahwa Admin bukanlah seorang dokter, dan oki Admin tidak berkompeten untuk memberikan jawaban. Misalnya mengenai berapa derajad kelengkungan skoliosis berdasarkan foto rontgent yg dikirim ke Admin. Bapak/ ibu harus berkonsultasi ke dokter tulang belakang untuk jawaban atas pertanyaan tersebut. Admin hanya ingin berbagi pengalaman tentang operasi Skoliosis, bukan untuk memberikan opini atau pendapat medis. Terima kasih, semoga bermanfaat dan TETAP SEMANGAT!

Friday, February 01, 2013

FAQ on My Scoliosis Lagi

Mohon maaf buat kakak2/ Om/ tante yg mungkin emailnya rada telat bales. Harap dimaklumi, setiap email yg masuk dijawab oleh blog Admin. Jadi ga langsung aku yg balas. Posting ini mengulang dan sekaligus me-recap postingan2 sebelumnya tentang skoliosis aku. Karena banyak email menanyakan hal yang sama.

Apakah harus operasi?
Tidak jika sudut kurva kurang dari 45 derajad. Baca juga post yg ini. Jika lebih, sebaiknya di-operasi, kata dokter

Terapi apa yg paling efektif untuk tindakan non operatif?
(Untuk yg kurvanya < 40 derajad) Anda bisa melakukan berenang atau back up setiap hari, yoga, pakai brace atau mendatangi chiropractic (jangan ke dukun atau orang pintar, percuma!)

Terapi mana yg paling disarankan oleh dokter?
Berenang dan back up. Setiap hari!!!! Bisa?

Terapi olahraga untuk Skolioser?
Ini dia link-nya. Pls check this out http://www.allyainnaz.net/2012/12/terapi-olahraga-untuk-skoliosis_27.html

Apakah yoga membantu?
Bisa Ya bisa Tidak. Jawabannya Ya jika kemiringan belum terlalu parah. Tetapi jika sudah melebihi 45 derajad, sangat sulit. Dalam beberapa kasus, Yoga bisa sangat diandalkan. Coba cek nama Elise Browning Miller di sini  https://www.youtube.com/watch?v=MChCtekk7MQ . Beliau juga yang 'menginspirasi' untuk mencoba berlatih yoga sebelum akhirnya memilih operasi. Beruntung Allya ikut yoga, jika tidak mungkin sudut miringnya akan bertambah setiap bulan.

Di mana berlatih Yoga di Jogja?
The one and only : Balance Yoga . Di sini kelas skoliosis / back spinal berlatih setiap hari Sabtu. Langsung ditangani oleh ibu Amalina dan Mas Sandi. Berapa biaya untuk mengikuti Yoga? Untuk kelas reguler sebulan 4 kali : Rp. 250.000 (Maaf bukan iklan). Di Jakarta hampir pasti lebih mahal lagi.

Apa yg sudah dijalani oleh Allya sebelum memilih di-operasi?
1. Berenang 2-3 kali dalam seminggu selama setahun
2. Back up setiap pagi dan sore, masing2 40 kali selama setahun
3. Ikut yoga untuk skoliosis selama setahun
4. Ikut Chiropractic 2-3 bulan terakhir (di sini) sebelum menjalani operasi

Apakah Chiropractic membantu?
Belum tahu. Soalnya kemarin baru ke sana 4 kali. Bolak-balik Jogja-Jakarta tentu tidak mudah buat pasien yg harus sekolah. Chiropractic seperti dalam video ini ternyata sangat membantu.

Di mana tempat Chiropractic?
Di Indonesia hanya ada di Jakarta dan Bali. Dan ini yg di Jakarta (maaf bukan iklan): Citylifechiropractic.
Di sana ditangani oleh dr Melisa.

Berapa biaya untuk terapi Chiropractic?
Rp. 600.000 setiap visitnya.

0 comments:

Post a Comment