Beberapa kali Admin mendapatkan pertanyaan melalui email, whatsapp maupun sms yg meminta opini atas kondisi skoliosis yg sedang dialami oleh Penanya. Mohon dengan sangat dipahami bahwa Admin bukanlah seorang dokter, dan oki Admin tidak berkompeten untuk memberikan jawaban. Misalnya mengenai berapa derajad kelengkungan skoliosis berdasarkan foto rontgent yg dikirim ke Admin. Bapak/ ibu harus berkonsultasi ke dokter tulang belakang untuk jawaban atas pertanyaan tersebut. Admin hanya ingin berbagi pengalaman tentang operasi Skoliosis, bukan untuk memberikan opini atau pendapat medis. Terima kasih, semoga bermanfaat dan TETAP SEMANGAT!

Wednesday, July 31, 2013

Skoliosis dan Faktor Usia

Tanya:Saya (30) menderita skoliosis dan telah melahirkan seorang anak. Apakah derajat kemiringan tulang belakang saya akan bertambah seiring bertambahnya usia? Atau, haruskah saya melakukan latihan tertentu untuk mencegah kemiringan?  

Jawab: 
Derajat kemiringan tulang belakang dapat bertambah seiring dengan berjalannya waktu dan usia. Untuk mencegahnya, Anda harus mengupayakan menjaga postur tubuh. Caranya, dengan membiasakan duduk tegak, berdiri tegak, dan tidak bertumpu hanya pada satu kaki. 
    
Latihan olahraga, seperti senam dan berenang, cukup baik untuk mempertahankan postur tubuh agar tetap terjaga dengan baik. Selain  itu, olahraga juga berfungsi memperkuat dan melenturkan otot-otot penyangga tubuh, serta memperkuat tulang. Sebetulnya, akan lebih baik lagi jika latihan dilakukan secara teratur sebelum memasuki usia 30 tahun. Yang juga tak kalah penting, konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium untuk menjaga kekuatan tulang Anda. 


Copas dari http://www.femina.co.id/isu.wanita/kesehatan/skoliosis.dan.faktor.usia/005/005/345 

1 comment: